INFORMASI ORANGTUA YAYASAN ATTAUFIQIYYAH

Sejak berdirinya pada 1994, Yayasan Attaufiqiyyah berusaha melesatarikan nilai-nilai dasar budaya yang berpedoman pada substansi pendidikan dan pengajaran pesantren tradisonal yang terus berusaha menyesuaikan kurikulum pendidikan dengan berbagai bidang ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi informasi.

Techno Pesantren

Dikarenakan perkembangan tekhnologi yang sangat pesat saat ini, yang mengubah seluruh aspek kehidupan termasuk cara pandang masyarakat terhadap pesantren. Kami sebagai pihak pondok pesantren menampakkan “Wajah Baru” sebagai respon atas kenyataan yang terjadi, dengan catatan tidak meninggalkan sisi tradisional, khas dan unik pondok pesantren.

Yaumiyah salafiyah

Program unggulan yang dikhususkan untuk mengembangkan kreativitas dan kecakapan santri dalam kaligarfi dan ragam bentuk desain kontemporer.

Program Tahfidzul Qur’an

Al-Qur’an adalah Kalamullah yang bernilai mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. dengan perantara malaikat Jibril as., yang ditilawahkan secara lisan, diriwayatkan kepada kita secara mutawâtir sekaligus menjadi pedoman hidup bagi umat Islam. Adalah wajar jika sebagian umat Islam terdorong untuk melestarikan Al-Qur’an terhindar dari kepalsuan dengan jalan menghafalkannya. Salah satu diantaranya adalah dengan membuka program Tahfidzul Qur’an baik oleh lembaga keagamaan, pondok pesantren, sekolah islam, maupun secara individual.

Pondok Pesantren Attaufiqiyyah Baros Serang Banten adalah salah satu amal usaha di bidang pendidikan dan keagamaan yang ikut andil dalam melestarikan Al-Qur’an dengan membuka program Tahfidzul Qur’an. Pondok Pesantren Attaufiqiyyah memiliki jenjang pendidikan SMP, SMA, SMK untuk menghafal Al-Qur’an tanpa mengesampingkan pendidikan formalnya di sekolah.

Tujuan diadakannya program Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Attaufiqiyyah adalah agar santri bisa menghafal Al-Qur’an dengan baik dan lancar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, dengan berdasarkan metode fashohah yang ia telah pelajari sebelumnya. Karena dengan menghafal al-Qur’an dapat mendorong, membina, dan membimbing santri untuk mencintai Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi para penghafal Quran, yang mempunyai jiwa kepemimpinan, jiwa untuk memimpin diri sendiri khususnya dan umumnya untuk memimpin masyarakat luas.

Program Tahfidzul Qur’an merupakan salah satu Program Unggulan di Pondok Pesantren Attaufiqiyyah. Ditengah padatnya kegiatan pondok pesantren, tidak menjadi kendala bagi santri untuk mengikuti program Tahfidzul Qur’an ini walaupun pelaksanaannya terkadang dilaksanakan di sela waktu istirahat santri. Program ini mempunyai susunan target materi yang diarahkan untuk santri dalam menyelesaikan hafalannya. Baik target hafalan harian, bulanan, maupun tahunan.

Berdasarkan definisi menghafal Al-Qur’an di atas dapat disimpulkan bahwa menghafal Al-Qur’an adalah proses menghafal dalam ingatan sehingga dapat dilafalkan atau diucapkan di luar kepala secara benar dengan cara-cara tertentu secara terus menerus. Tujuannya untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasulullah SAW agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan maupun sebagiannya.